Pencemaran KIMIAWI

Yang dapat kita indera :

Air terasa “lengket”, sabun sulit / sedikit berbusa, tempat memasak air benjadi berkerak.

Penyebab :

Kandungan ion Ca ( Kalsium ) dan Mg ( Magnesium ) di dalam air relatif tinggi.

Penanggulangan :

  • “Ikat” ion Ca berlebih dengan soda kue ( Natrium Bikarbonat ) atau soda ash ( Natrium Karbonat ) atau asam sulfat, akan timbul endapan berwana putih.
  • “Ikat” ion Mg berlebih dengan soda api ( Natrium Hidroksida / Caustic Soda ), akan timbul endapan berwarna putih.
  • Saring endapan yang terbentuk dengan termaksud dengan menggunakan filter air.

Air terasa “licin”, sabun sepertinya tidak dapat dibersihkan ( terus menerus licin walaupun sudah dibilas.

Penyebab :

Kandungan ion Ca dan Mg rendah

Penanggulangan :

  • Untuk menambah ion Ca : tambahkan kapur sirih atau Ca atau kaporit.
  • Untuk menambah ion Mg : tambahkan Magnesium Sulfat.
  • Penambahan bahan kimia dengan takaran yang tepat tidak menyebabkan timbulnya endapan.

Air mula-mula jernih, tapi setelah beberapa waktu berubah menjadi kuning/keruh, kadang-kadang seperti berminyak dan ada endapan berwarna kuning/coklat/hitam.

Penyebab :

Kandungan ion Fe ( Besi ) atau Mn ( Mangan ) tinggi, hal ini umum terjadi di lahan bekas sawah atau kebun.

Penanggulangan :

Oksidasi air denga oksigen bebas dari lingkungan atau dengan menambahkan kaporit untuk mengeluarkan sebanyak mungkin ion Fe dan Mn. Air akan menjadi semakin kuning / coklat / hitam / keruh. Kemudian pilihlah salah satu cara di bawah yang paling sesuai dengan kondisi anda untuk melakukan penyaringan :

  • Tanpa pernyaringan : Tambahkan Citric Acid ( asam sitrat ) maka air akan menjadi jernih. namun anda hendaknya faham bahwa sekarang air jernih anda mengandung Ferri Citrat atau Mangan Citrat, air menjadi jernih karena kedua zat itu sifatnya larut dalam air.
  • Dengan penyaringan : Sebetulnya partikel dapat mengendap / turun sendiri tanpa penmabahan bahan kimia, tetapi memerlukan waktu relatif lama. Maka jika anda ingin mendapatkan hasil dalam waktu yang lebih cepat kami menganjurkan penambahan tawas atau PAC ( cair atau bubuk ) untuk mempercepat proses pengendapan artikel.
  • Menggunakan penyaring air yang bisa anda buat sendiri. ( lihat artikel kami yang berjudul “Membuat Penjernih Air Sendiri )

Air berbau busuk

Penyebab :

Kandungan kimiawi ion NH3 ( Ammonia ), NO2 ( Nitrit ) dan SO2 ( Sulfit ) tinggi. Anda pasti bisa membedakan bau busuk bawaan dan bau busuk karena pencemaran air seperti “comberan / limbah “

Penanggulangan :

Oksidasi air dengan menggunakan oksigen dari udara atau dengan bantuan kaporit.

Mohon diperhatikan :

Untuk mendapatkan takaran yang tepat dari penggunaan zat kimia maka harus dihitung, jika ada sediakan hasil pemeriksaan Lab Air lebih dulu. Jika anda melakukan percobaan tanpa takaran baku yang digunakan, ada baiknya dipraktekan pada proses penjernihan skala kecil terlebih dahulu.